KECERDASAN BUATAN DAN SCM

KECERDASAN BUATAN

Kecerdasan buatan adalah cara bekerjanya suatu mesin yang menyerupai cara berpikir atau kecerdasan manusia

Tujuan kecerdasan buatan :

  1. Membuat mesin semakin pintar/cerdas
  2. Memahami apa yang dimaksud dengan kecerdasan
  3. Membuat mesin menjadi lebih bermanfaat

Karakteristik kecerdasan buatan :

-          Belajar dari pengalaman

-          Memperoleh pengertian dari peesan ambigu/bertentangan

-          Memberikan respon yang cepat dan berhasil terhadap situasi baru

-          Menggunakan alasan untuk memecahkan persoalan ddan melakukan tindakan langsung secara efektif

-          Berhadapan dengan situasi yang kompleks

Perbedaan kecerdasan buatan dengan kecerdasan alami :

-          Kecerdasan buatan bersifat permanen sedangkan kecerdasan alami dapat hilang

-          Kecerdasan buatanlebih murah dibandingkan kecerdasan alami

-          Kecerdasan buatan lebih konsisten dan teliti

-          Kecerdasan buatan dapat di dokumentasikan

-          Kecerdasan buatan dapat melakukan duplikasi dan penyebaran pengetahuan dengan mudah.

Kelebihan kecerdasan alami :

-          Kreatif

-          Kemampuan untuk memperoleh pengetahuan telah diwariskan pada manusia sehingga manusia dapat berpikir kreatif

Intelligent System

  1. Expert System (ES)

Sistem komputer berfungsi untuk memberikan saran kepada para pengguna dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sulit

  1. Natural Language Technology

Teknologi yang memberikan pengguna kemampuan untuk berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahsa manusia

  1. Speech (Voice) Understanding

Pengenalan dan pemahaman oleh komputer  terhadap suatu pembicaraan dalam bahasa tertentu

Contoh Penerapan Kecerdasan buatan

-          SYSTRAN adalah software yang di pakai untuk melakukan penerjemahan dari dan ke bahasa-bahasa pemrograman

-          Celco Electronics : menciptakan mobil yang dapat mengemudi sendiri

-          Volkswagen AG : menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis

KONSEP SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

Kompetisi antar usaha akhir-akhir ini menjadi sangat ketat karena kini barang-barang seperti batik tidak hanya di pasarkan secara lokal saja, namun bisa di kenal dimana saja. Apalagi akibat dari globalisasi dan “pemaksaan” ekonomi pasar bebas yang dilakukan oleh organisasi-organisasi seperti WTO (World Trade Organisation).  Untuk menangani masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan perbaikan secara terus menerus.

Keinginan customers :

  1. Harga
  2. Mutu
  3. Layanan

Keuntungan melakukan pemasokan barang

  1. Mengurangi interventory barang dengan berbagai cara
  2. Menjamin kelancaraan dengan penyediaan barang
  3. Menjamin mutu
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s