PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Well, 15 Juli 2013 merupakan hari pertama dimana gue matrikulasi di kampus terbaru nan super mahal yang gue sendiri galau gimana nantinya kalo nggak dapet beasiswa. hmm, mungkin kalo nggak dapet, terpaksanya harus kerja serabutan mengingat orang tua yang mempunyai serta keberadaan adek2 gue yang lumayan gemruyek -____-

So, nggak usah babibubusuk, ini ada sedikit materi yang telah di pelajari beberapa hari terakhir tentang kuliah pengantar teknologi informasi. Check it Out!!

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Image

  1. Pengertian Teknologi

Apa itu teknologi? Bicara tentang teknologi, maka identik dengan penemuan-penemuan baru. Memang, di dunia ini tidak ada hal baru. Kalau ada sesuatu yag baru, sebenarnya ia sudah lama ada, namun di nilai baru karena baru ditemukan dan baru diungkapkan serta baru diketahui oleh orang banyak. Analoginya begini, kita melihat sebuah batu. Batu itu merupakan alamiah, yang sudah lama ada, namun batu itu bisa menjadi sebuah teknologi, ketika batu tersebut sudah di olah atau di bentuk menjadi sesuatu yang lebih berguna, misalkan cobek. Maka cobek ini bisa di katakan sebagai teknologi, karena di nilai sebagai piranti yang bisa membantu pekerjaan manusia. Tidak sampai disitu saja, jaman sekarang, cobek di nilai kurang efisien, ketika sesorang akan menghaluskan bumbu dengan jumlah yang banyak, oleh karena itu, seiring perkembangan, manusia berinovasi menciptakan alat yang lebih memudahkan pekerjaan manusia itu sendiri, contohnya blender. Blender ini dinilai lebih praktis daripada cobek, karena dalam waktu singkat, bisa menghalusskan bumbu dengan jumlah yang banyak. Maka bisa di artikan bahwa teknologi itu berkembang seiring dengan tingkat kebutuhan manusia.

  1. Pengertian Informasi

Apa perbedaan antara data dan informasi? Terkadang orang mengatakan bahwa itu adalah informasi, padahal data. Ada yang menyebut data, padahal informasi. Lantas, apa perbedaan antara keduanya? Data merupakan bahan mentah yang diproses untuk menyajikan informasi, sedangkan informasi adalah data yang telah di olah sehingga telah memiliki arti bagi seseorang. Belum dikatakan informasi, jika pernyataan tersebut masih menimbulkan berbagai pertanyaan. Agar lebih jelasnya, mari kita simak table berikut :

DATA

INFORMASI

Siswa lulusan SMA terbaik se-Jateng Siswa lulusan SMA terbaik se-Jateng bernama Reni dengan nilai rata-rata akhir 9,98
Printer dengan harga 1.000.000 Printer Epson tipe L11 berharga 1.000.000 pada bulan Desember 2012

Penjelasan :

Pernyataan “siswa lulusan SMA terbaik se-jateng” , masih merupakan sebuah data, karena masih menimbulkan pertanyaan bagi sesorang. Pernyataan ini kurang spesifik sehingga masih belum bisa memberikan sebuah informasi yang valid. Di katakan sudah menjadi sebuah informasi, apabila sudah di olah menjadi pernyataan “Siswa lulusan SMA terbaik se-Jateng bernama Reni dengan nilai rata-rata akhir 9,98”, karena pernyataan tersebut di nilai sudah cukup lengkap dan telah memiliki arti. Begitu juga dengan pernyataan “Printer harga 1.000.000”, itu masih menimbulkan tanda tanya besar, printer apa yang di maksud? Merk apa? tipe apa? Sehingga untuk disebut sebagai informasi, bisa kita lhat pernyataan sebelahnya yakni “Printer Epson tipe L11 berharga 1.000.000”. Pernyataan tersebut sudah cukup memberikan informasi karena dinilai telah cukup spesifik untuk dikatakan sebagai informasi.

Jadi, apa pengertian teknologi Informasi? Nah, TI merupakan penemuan tepat guna yang digunakan untuk mengolah informasi *itu kata dosen saya*. Kalau menurut saya sendiri? Yaaah, idem aja lah.. kenyataannya mau di olah kalimat bentuk apapun, intinya ya tetep sama sih😀 hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s