E-COMMERCE

E-Commerce

e-commerce adalah suatu cara yang digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis online ke publik dengan berbagai macam barang yang di tawarkan secara elektronik. E-commerce sendiri adalah bagian dari e-business karena tugasnya yang bergerak dalam bidang penjualan dan pembelian yang merupakan unsur utama dan dunia bisnis di dukung dengan unsur lain yang mencakup semua yang berkaitan dengan bisnis.

Ciri khas e-commerce

  1. Mempunyai transaksi tanpa batas dan dapat di akses 24 jam penuh setelah e-commerce ini di hosting dengan berada dalam lingkup internet.
  2. Barang yang ditawarkan tidak terbatas dan dapat berupa apapun
  3. Software free dengan berbagai fitur gratis yang lengkap
  4. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
  5. Adanya pertukaran barang, jasa/informasi
  6. Internet merupakan media utama dalam proses/mekanisme perdagangan tersebut.

Ruang Lingkup E-commerce

E-business (elektronik business) adalah lingkup aktivitas perdagangan secara eletronik dalam arti luas.

e-commerce (elektronik commerce) adalah perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup :

–          Perdagangan via internet

–          Perdagangan fasilitas web internet

–          Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik

Jenis-jenis e-commerce :

–          Business to Business

–          Business to costumer melalui internet

–          Customer to customer

–          Goverment to nation

Business to Customer (B2C)

–          Disebut dengan transaksi pasar

–          Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi /elektronik

–          Membeli dengan eletronik cash 4 sistem secure payment

–          Meminta agar barang dikirim

Business to Business (B2B)

–          Disebut transaksi antar perusahaan

–          Transaksinya memakai EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsumsi

–          Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis

Komponen E-Commerce

–          Eleltronic Data Interchange (EDI) adalah pertukaran data antara komputer antar organisasi

–          Digital Currency adalah untuk mempermudah dananya secara elektronik

–          Elektronic catalogs adalah antarmuka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman www berisi informasi tentang penawaran produk dan jasa.

Keuntungan-Keuntungan yang didapat dari E-Commerce

  1. Bagi bisnis :

–          Efisiensi, tanpa kesalahan dengan tepat waktu

–          Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia

  1. Konsumen :

–          Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.

  1. Manajemen

–          Peningkatan pendapatan dan loyalitas pelanggan.

Kelebihan E-Commerce :

–          Otomatisasi, menggantikan proses manual

–          Integrasi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses

–          Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk jasa yang di pasarkan

–          Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”

–          Transaksi, kesepakatan antar 2 pihakuntuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.

Kelemahan E-Commerce :

–          Isu security

–          Ketidaksesuaian jenis dan ekualitas barang yang di janjikan

–          Ketidaktepatan waktu pengiriman barang

–          No cash Payment

–          Indonesia belum mempunyai perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce

–          Masalah kultur, sebagian masyarakat kurang puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibeli.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s