MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI

MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI

  1. Hirarki Data
    1. Bit 1/0
    2. Byte : terdiri atas 8 bit misal : 00100101, yang bertugas membuat karakter
    3. Field : kumpulan beberapa byte membentuk kata
    4. Record : field yang saling terkait menggambarkan entitas
    5. File : kumpulan beberapa recor sejenis
    6. Database : file terintegrasi
    7. Directory : Are penyimpanan file
    8. Volume : satuan identifikasi data storage

Problem-problem yang terjadi pada pengarsipan file secara tradisional:

  1. Data Redudancy (duplikasi) : Menyimpan data dengan format yang sama secara berkali-kali
  2. Data inconsistency
  3. Isolation (pemisahan) : Format yang berbeda
  4. Data intergracy
  5. Data Independency

 

PENGANTAR SISTEM INFORMASI

  1. PENGERTIAN

SIstem informasi merupakan penyedia layanan untuk mengakses informasi-informasi tersebut kapan pun dibutuhkan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya

 

  1. Komponen-komponen Sistem Informasi :

      1. Komponen input

 

Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

 

2. Komponen model.

 

Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

 

3. Komponen output

 

Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.

 

4. Komponen teknologi

 

Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.  Teknologi terdiri dari 3 bagian utama yakni :

  1. Hardware

Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi.Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.

  1. Software

Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.

  1. Brainware , merupakan user atau pengguna informasi tersebut.

5.Komponen basis data

Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System)

6.  Komponen control

Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur
terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

  1. Peranan Sistem Informasi :
  2. Subsistem atau cabang-cabang ilmu Sistem Informasi :
    1. Sistem Informasi Akuntansi
  • Mendukung Operasi Bisnis . Kita tahu, bahwa sekarang sudah memasuki era serba digital, dimana setiap harinya, kita terhubung ke dunia luas melalui jaringan yang kita sebut internet. Bahkan, dengan dukungan system informasi yang ada, dunia bisnis hamper semua membutuhkan system online untuk bisa mengembangkan usaha mereka.
  • Mendukung Program Pendidikan. Sistem Informasi memberi peranan penting pada dunia pendidikan. Dengan adanya SI, maka sekarang pendidikan menggunakan sisten student center, dimana siswa diharuskan lebih aktif dalam mencari sumber informasi, tidak hanya dari guru/pembimbingnya saja, namun mereka bisa mencari sendiri lewat media lain seperti internet.
  • Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
  • Berperan Dalam Bidang Sosial. Dengan adanya SI, maka masyarakat bisa mengakses informasi apa saja kejadian yang ada di lingkungan serta bersosialisasi dengan masyarakat luas lewat media yang ada seperti internet.

Cabang ni menjadikan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaankeuangan perusahaan menjadi jauh lebih mudah dan sederhana dengan penggunaan system computer.

  1. Sistem Informasi Manajemen

SIM bertanggung jawab untuk menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika.Contoh laporan yang dimaksud ialah manajer kendali kualitas dapat menerima laporan bulanan yang menunjukkan tingkat penolakan untuk masing-masing tahap dalam proses di pabrik

  1. Sistem Pendukung Keputusan

Sistem ini memungkinkan pembuatan keluaran untuk masalah khusus yang berkenaan dengan kualitas Penerapan SPK yang berbasis system computer ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan seperti seorang pengawas kualitas produksi perusahaan yang dapt memperbaiki databae untuk tampilan biaya perbaikan produk yang disebabkan pengembalian dari pelanggan.

  1. Sistem Otomatisasi Perkantoran

SOP menyediakan prasaran telkomunikasi untuk orang-orang di perusahaan dan membuat mereka dapat berkomunikasi di lingkungan internal dengan para penyalur serta para pelanggan di lingkungan perusahaan,

  1. Sistem Ahli

Perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk meraih suatu pegetahuan dan menjadi ahli dalam pengetahuan tersebut serta untuk lebih mencakapkan para pegawai pada bentuk system informasi

 

  1. Perbedaan Data Warehouse dan Data Mining

 

Data warehouse adalah data-data yang beorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap (non-volatile), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan.  Data warehouse juga merupakan database yang berisi data dari beberapa system operasional yang terintegrasi dan terstruktur sehingga dapat digunakan untuk mendukung analisa dan proses pengambilan keputusan dalam bisnis

Sedangkan data mining muncul setelah banyak dari pemilik data baik perorangan maupun organisasi mengalami penumpukan data yang telah terkumpul selama beberapa tahun, misalnya data pembelian, data penjualan, data nasabah, data transaksi, email dan sebagainya. Kemudian muncul pertanyaan dari pemilik data tersebut, apa yang harus dilakukan terhadap tumpukan data tersebut

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s